Pembangunan Tempat Karantina Pasien COVID-19 Tahan Gempa dengan Balutan Lapisan Ferosemen

Desa Rimuku, Kec. Mamuju, Kab. Mamuju, Sulawesi Barat

Hotel 1

Pembangunan tempat karantina pasien COVID-19 tahan gempa di Kab. Mamuju, Sulawesi Barat dilaksanakan oleh Adventist Development and Relief Agency (ADRA) dan didanai oleh United Nations Development Programme (UNDP). Sebagai pendahuluan dari project pembangunan ini, ADRA telah melaksanakan pengenalan konstruksi sistem ferosemen rumah tahan gempa yang digagas oleh Dr. Teddy Boen kepada tukang padat karya pada tanggal 26 Mei 2021 yang lalu.

Sejumlah 30 tukang telah dilatih dan pada tanggal 9 Juni 2021 yang lalu, seluruh tukang telah mengikuti tes PCR sebagai standar protokol kesehatan COVID-19. Tes PCR ini dilaksanakan secara gratis berkat kerjasama tim ADRA dengan Dinas Kesehatan Mamuju. Hasil tes PCR seluruh tukang dan tim ADRA di lapangan menunjukan hasil negatif, sehingga para tukang di lapangan dapat dipastikan dalam kondisi sehat dan negatif COVID-19.

Dari 30 kamar yang akan dibangun, hingga saat ini, pembangunan 14 kamar sudah sampai tahap pemasangan bata; 4 kamar sudah selesai cor pondasi; dan 4 kamar lagi masih dalam tahap cor dasar. Selanjutnya pembangunan 8 kamar lagi akan dimulai pemasangan bowplank pada hari Minggu besok. Selain itu, para tukang juga dalam proses membuat dan merangkai perancah. Perancah dibuat secara mandiri mengingat persewaan scaffolding di Mamuju membutuhkan biaya yang mahal. Di bawah pimpinan ADRA di lapangan, Samzon Purba (tim Dr. Teddy Boen), target pembangunan 30 kamar tersebut akan selesai pada bulan Juli ini.