Progress Pembangunanan Rumah Contoh Tahan Gempa dengan Balutan Lapisan Ferosemen dan Pelatihan Tukang

Desa Mekkatta Selatan, Kecamatan Malunda, Kabupaten Majene, Sulawesi Barat

Hotel 1

Pasca gempa bumi Sulawesi Barat 15 Januari 2021 yang lalu, Yayasan Sheep Indonesia (YSI) turut mengambil bagian dalam pembangunan kembali/perkuatan/retrofit rumah rakyat agar tahan gempa dan pelatihan tukang yang diadakan di Kab. Majene.

Sebagai kelanjutan dari pelatihan tukang dan pembangunan rumah contoh tahan gempa dengan teknologi balutan ferosemen di Desa Mekkaa Selatan pada tanggal 3 Mei 2021, Yayasan Sheep Indonesia dibawah pengawasan Dr. Teddy Boen, kembali melatih sejumlah 27 tukang yang berasal dari 3 desa yang berbeda. Pelatihan diadakan 4 hari, yaitu pada tanggal 19-22 Mei 2021 dibawah Koordinator Teknis YSI di lapangan: Alfian Philno Soriton, yang juga merupakan tim dari Dr. Teddy Boen (penggagas cara membangun/meretrofit rumah tembokan tahan gempa dengan balutan lapisan ferosemen).

Para tukang dibagi menjadi 2 kelompok besar. Kelompok pertama 16 tukang, berasal dari Desa Mekkatta Selatan, Kec. Malunda, Kab. Majene; kelompok kedua 11 tukang, berasal dari Desa Kayuangin Kec. Malunda, Kab. Majene dan Desa Orobatu, Kec. Tapalang, Kab. Mamuju, Sulawesi Barat.

Hingga saat ini, progress pembangunan rumah contoh sudah sampai tahap akhir, pemasangan kuda-kuda kayu, ampig, dan plesteran terakhir. Bisa dikatakan, pembangunan rumah contoh ini sudah hampir selesai.