Perkuatan Rumah Tembokan dengan Balutan Ferosemen di Desa Suka Damai Gorontalo

Desa Suka Damai, Bulango Utara, Bone Bolango, Gorontalo

Hotel 1

Pada tanggal 16 November 2020 sampai 19 November 2020, diadakan pengenalan dan praktek teknologi balutan ferosemen untuk membangun / memperkuat rumah tahan gempa kepada pelaksana BSPS di seluruh Indonesia, Direktorat Jenderal Perumahan, Direktorat Rumah Swadaya, Kementerian PUPR. Perwakilan dari setiap provinsi hadir dan mengikuti kegiatan tersebut di Gorontalo. Dari 34 provinsi di Indonesia, peserta dibagi menjadi 2 gelombang. Gelombang pertama mengikuti pengenalan dan praktek pada tanggal 16-17 November 2020, dilanjutkan gelombang ke dua pada tanggal 18-19 November 2020.

Dalam rangka pengenalan dan praktek teknologi balutan ferosemen tersebut, setelah dilakukan perkuatan rumah tembokan di Desa Bandungan, Gorontalo, kegiatan perkuatan rumah tembokan dilanjutkan di Desa Suka Damai, Bulango Utara, Bone Bolango, Gorontalo. Rumah tembokan contoh ke 2 ini adalah seluas 34,56 m2 dengan 2 kamar dan dikerjakan oleh para tukang yang telah dilatih sebelumnya di Desa Bandungan. Dimulai sejak 19 November 2020 yang lalu, perkuatan rumah tembokan ini selesai dalam waktu 1 minggu dengan total 4 tukang dan 2 kenek. Waktu perkuatan bisa lebih singkat jika cuaca baik dan tidak hujan besar sehingga tukang tetap dapat bekerja dengan baik.

Melalui kegiatan ini, diharapkan masyarakat juga dapat memahami cara memperkuat rumah tembokan dengan balutan ferosemen agar tahan gempa dan dapat melakukannya secara mandiri.