Perkuatan Rumah Tembokan dengan Balutan Ferosemen di Desa Bandungan Gorontalo

Desa Bandungan, Bulango Utara, Bone Bolango, Gorontalo

Hotel 1

Pada tanggal 16 November 2020 sampai 19 November 2020, diadakan pengenalan dan praktek teknologi balutan ferosemen untuk membangun / memperkuat rumah tahan gempa kepada pelaksana BSPS di seluruh Indonesia, Direktorat Jenderal Perumahan, Direktorat Rumah Swadaya, Kementerian PUPR. Perwakilan dari setiap provinsi hadir dan mengikuti kegiatan tersebut di Gorontalo. Dari 34 provinsi di Indonesia, peserta dibagi menjadi 2 gelombang. Gelombang pertama mengikuti pengenalan dan praktek pada tanggal 16-17 November 2020, dilanjutkan gelombang ke dua pada tanggal 18-19 November 2020.

Dalam rangka pengenalan dan praktek teknologi balutan ferosemen tersebut, pada tanggal 16 November 2020, diadakan pelatihan tukang di Desa Bandungan, Bulango Utara, Bone Bolango, Gorontalo. Selama kurang lebih 30menit, 8 tukang dan 4 kenek diberi pengarahan dan penjelasan mengenai cara memperkuat rumah tembokan dengan balutan ferosemen. Kemudian, langsung dilakukan praktek (on-the-job training) untuk satu rumah seluas 34,8 m2 yang terdiri dari 2 kamar tidur.

Kenyataan bahwa tukang dapat cepat menguasai cara membangun / memperkuat rumah tembokan dengan balutan ferosemen menunjukan bahwa cara tersebut memang mudah dimengerti dan sederhana. Dengan 4 tukang dan 2 kenek, perkuatan rumah tersebut selesai dalam waktu 5 hari.