Pembangunan Rumah Tembokan Tahan Gempa dengan Balutan Ferosemen di Desa Bangga

Desa Bangga, Kecamatan Dolo Selatan, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah

Hotel 1

Sejak 6 November 2020, Yayasan SHEEP Indonesia melakukan pembangunan rumah tembokan dengan balutan ferosemen di Desa Bangga, Kecamatan Dolo Selatan, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah. Di bawah pimpinan Ibu Mona Saroinsong sebagai Program Manager dan Bpk Alfian Philno Soriton sebagai Koordinator Teknis di lapangan, sebanyak 24 unit rumah sudah dalam progress pembangunan. Selama waktu 11 hari dengan 3 tukang, pembangunan sudah mencapai tahap pemasangan kawat anyam untuk 2 unit rumah. Cara pembangunan rumah tembokan tahan gempa dengan balutan ferosemen yang diperkenalkan oleh Dr. Teddy Boen ini terbukti dapat dikerjakan dengan mudah, sederhana, murah dan cepat.

Pembangunan rumah tembokan tahan gempa dengan balutan ferosemen terus mengalami kemajuan dan penambahan unit di Desa Bangga. Pada tanggal 10 Desember 2020, sejumlah 55 unit rumah tambahan akan dibangun dan saat ini sudah dimulai pemasangan bouwplank.

Pada tanggal 17 Desember 2020, sejumlah 9 dari 55 unit rumah sudah sampai pada tahap pembangunan pondasi. Pembangunan untuk 24 unit rumah pertama sudah mencapai tahap pemasangan atap menggunakan kuda-kuda kayu.