Membangun Rumah Tahan Gempa dengan Balutan Ferosemen

Desa Rogo, Kecamatan Dolo Selatan, Kabupaten Sigi, Kota Palu, Sulawesi Tengah

Hotel 1

Penulis (kanan) memberikan penjelasan tentang cara membangun rumah tahan gempa kepada tukang setempat

Liputan VOA Indonesia-Liputan Kompas

Melanjutkan artikel di bulan Agustus 2019 yang lalu, penulis kembali mengunjungi Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah untuk memberikan pelatihan membangun rumah tahan gempa dengan balutan ferosemen. Desa Rogo dipilih sebagai tempat untuk melakukan pelatihan kepada tukang dan masyarakat setempat.

Kegiatan pelatihan ini diprakarsai oleh Adventist Development and Relief Agency (ADRA) Indonesia bekerjasama dengan Kerk in Actie, HELP Internasional dan Czech Republic Humanitarian Aid, badan kemanusiaan Republik Ceko. Pelatihan dilaksanakan dalam 3 hari (2-4 Desember 2019).

Beberapa media ikut serta melihat pelaksanaan pelatihan dan menuangkannya dalam tulisan, diantaranya adalah VOA Indonesia dan Kompas.

Mudah-mudahan cara membangun rumah tahan gempa dengan lapisan ferosemen yang sederhana dan cepat ini dapat disebarluaskan ke seluruh pelosok Indonesia dan menjadi cara untuk membangun maupun memperkuat rumah tahan gempa. Dengan demikian, saat terjadi gempa kuat, tidak ada lagi korban dan kerugian harta benda akibat rumah yang rusak berat / roboh.